Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 02 Oktober 2013

Pengenalan Hardware Berdasarkan Input dan Output Device

input divice (unit masukan).
    Input Device ( Unit Masukan ) Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :




    Keyboard 
    Adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk mengimput (memasukan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. Keyboard sering juga disebut papan ketik yang merupakan perangkat yang sering dipergunakan dalam kegiatan sehari-hari. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.macam-macam keyboard yaitu :
      1. QWERTY
      2. DVORAK
      3. KLOCKENBERG
  • Mouse
    Pemakaian mouse merupakan bagian terpenting dari sistem operasi yang menggunakan tampilan grafik. Pada saat bekerja pengguna mouse sering dipergunakan dengan istilah ”Pointer” yang berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada ruang kerja sistem operasi. Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless. Mouse terdiri dari : 1) Dual button 2) Three button 3) Scroll button. 




     
    Touchpad
    Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.  



    Light Pen
       
       Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
    Joy Stick dan Games Paddle
       

      Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.



















    Scanner
       
      Berguna untuk memindal (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks diatas kertas ke dalam dokumen atau file komputer.. Berdasarkan cara penggunaanya secara garis besar terbagi dalam dua bagian yaitu : 1) Hand-held scanner yang pemakaianya menggunakan tangan untuk menscan objek dan banyak digunakan oleh supermarket untuk menscan harga barang atau barcode. 2) Plat bed scanner yaitu scaner yang penggunaanya dengan cara meletakan objek yang akan discanner di antara lensa dan cover. Jenis ini banyak dipakai di kantor. Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.





    Mikropon dan Headphone

      Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.     Output Device (device Pengeluaran)

Merupakan Salah satu perangkat keluaran yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukan. Adapun macam-macam Output device adalah sebagai berikut :




MonitorMerupakan salah satu perangkat yang berguna untuk menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input, disebut juga Soft-Copy device karena keluarannya berupa signal elektrik. Monitor memiliki berbagai ukuran seperti halnya televisi. Dibawah ini merupakan jenis-jenis monitor adalah sebagai berikut :
    • Monitor Monochrome disebut juga Monitor tidak warna.
    • Monitor Warna.




Printer
    Perangkat ini berfungsi untuk mencetak proses dari masukan (input) Secara garis besar printer terdiri atas :
    • Dot matrix Printers, yang bekerja secara hentakan. Jenis printer ini sebenarnya menghentakan tinta di atas karbon untuk membentuk karakter di kertas. Biasa digunakan untuk slip gaji dan wartel.
    • injeks Printers Jenis ini sering digunakan untuk pencetakan dalam jumlah yang sedikit dan tidak mengutamakan kecepatan. Printer ini bekerja dengan cara menyemprotkan cairan tinta di atas kertas. Print head printer inkjet diberi nama Piezoelectric Print heads. Kualitas hasil printer di ukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya di ukur dengan page per minute (ppm)
    • Laser Printers Jenis printer ini menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi dan di desain untuk memberikan hasil yang bagus dalam percetakan grafik dan photo.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by http:/Dongah-lupi.blogspot.com | Bloggerized by Dongah Finda | Tutorial Blogspot, dan Informasi Internet