Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 02 Oktober 2013

Implementasi TIK (ICT) dalam Dunia Pendidikan

Pesatnya perkembangan teknologi infomasi, khususnya internet memungkinkanpengembangan layanan informasi yang lebih baik dalam suatu institusi pendidikan. Tidak bisadipungkiri, keberadaan komputer saat ini bukan lagi merupakan barang mewah,alat ini sudahdigunakan di berbagai bidang pekerjaan, termasuk dalam dunia pendidikan.Saat ini jumlah guru yang ada adalah 2.692.217, dari jumlah trsebut yang memenuhisyarat sertifikasi 727.381 orang atau sekitar 27%, sehingga diperlukan sekitar 1.964.836 atau 73%guru yang harus itingkatkan kualifikasi pendidikan dan profesionalismenya. Dan yang jugamenjadi masalah adalah rendahnya tingkat pemanfaatan ICT di sekolah (Digital Divide) ICTdapat menunjang optimalisasi sekolah, karena potensi ICT cukup besar, diantaranya(1).Memperluas kesempatan belajar, (2) Meningkatkan efisiensi, (3) Meningkatkan kualitasbelajar, (4) Meningkatkan kualitas mengajar, (5) Memfasilitasi pembentukan keterampilan, (6)Mendorong belajar sepanjang hayat berkelanjutan, (7) Meningkatkan perencanaan kebijakan danmanajemen, (8) Mengurangi kesenjangan digital. Begitu besar peran ICT dalam pendidkansehingga secara khusus pemerintah dalam Pustekkom Diknas membagi peran ICT di sekolahmodern menjadi 7 peran sekaligus sebagi pilar pendidikan. Ke-7 peran ICT tersebut yaitu :1. ICT sebagai gudang ilmu pengetahuan . Artinya dengan ICT sumber ilmu pengetahuanmenjadi begitu kaya bahkan melimpah, baik ilmu pengetahuan inti ( core content) dalampelajaran sekolah maupun sebagai materi pengaya pembelajaran (content suplement). Padafungsi ini internet memiliki peran besar sebagai sumber ilmu pengetahuan yang dapatdiakses secara luas yang didalamnya telah terkoneksi dengan ribuan perpustakaan digital, jutaan artikel/jurnal, jutaan e-book, dan lan-lain.2. ICT sebagai alat bantu pembelajaran. Artinya bahwa pembelajaran saat ini lebih mudahdengan bantuan ICT, untuk menghadirkan dunia di kelas dan dapat disajikan kepadaseluruh siswa melalui peralatan ICT seperti multimedia dan media pembelajaran hasilolahan komputer seperi poster, grafik, foto, gambar, display, dan media grafis yanglainnya. Pemanfaatan CD Interaktif, Video Pembelajaran, Multimedia presentasi, e-learning termasuk pada bagian ini. 3. ICT sebagai fasilitas pendidikan . Dalam hal ini ICT sebagai saran yang melengkapifungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan, terutama fasilitasfasilitas yang bernuansaelektronik seperti labolatorium komputer, peralatan di laboratorium bahasa, raungmultimedia, studio rekaman suara, studio musik, studio produksi video dan editing. 4. ICT sebagai standar kompetensi . Artinya ICT sebagai mata pelajaran yang kita kenalMata Pelajaran TIK. Mata pelajaran ini berisi standar kompetensi. 2.2 Implementasi TIK (ICT) dalam Dunia Pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by http:/Dongah-lupi.blogspot.com | Bloggerized by Dongah Finda | Tutorial Blogspot, dan Informasi Internet